Selasa, 19 November 2019

Analisis Situasi Pasar


Perubahan situasi pasar belakang ini banyak disebabkan oleh adanya perubahan kebutuhan pembeli, teknologi yang semakin berkembang, berubahnya kekuatan sosial ekonomi, dan kegiatan persaingan antar produsen. Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada (Carvens, 2000). Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan.

Pasar hendaknya ditentukan agar konsumen dan pesaing dapat dianalisis secara tepat. Menurut Kotler (2000), syarat adanya pasar adalah harus terdapat orang-orang dengan kebutuhan dan keinginan tertentu dan satu atau lebih produk yang dapat memuaskan kebutuhan ini. Selain itu, para pembeli juga mau dan mampu membeli produk yang memuaskan kebutuhan keinginan mereka.

Contohnya pada perusahaan dibidang teknologi smartphone. Maka perusahaan itu harus menganilisis keseluruhan yang mencakup SWOT (Strength, Weakness, Opportunies dan Treaths). Yang dimana harus mengetahui keunggulan pada produk smartphone yang dibuat,mengetahui kelemahan dari produk yang dibuat, kemudian dapat melihat peluang pada pasar dan yang terakhir mengetahui ancaman dari pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar