Perubahan situasi
pasar belakang ini banyak disebabkan oleh adanya perubahan kebutuhan pembeli,
teknologi yang semakin berkembang, berubahnya kekuatan sosial ekonomi, dan
kegiatan persaingan antar produsen. Analisa situasi pasar persaingan adalah
langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah
ada (Carvens, 2000). Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi
diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan.
Pasar hendaknya
ditentukan agar konsumen dan pesaing dapat dianalisis secara tepat. Menurut
Kotler (2000), syarat adanya pasar adalah harus terdapat orang-orang dengan
kebutuhan dan keinginan tertentu dan satu atau lebih produk yang dapat
memuaskan kebutuhan ini. Selain itu, para pembeli juga mau dan mampu membeli
produk yang memuaskan kebutuhan keinginan mereka.
Contohnya pada
perusahaan dibidang teknologi smartphone. Maka perusahaan itu harus menganilisis
keseluruhan yang mencakup SWOT (Strength, Weakness, Opportunies dan Treaths).
Yang dimana harus mengetahui keunggulan pada produk smartphone yang
dibuat,mengetahui kelemahan dari produk yang dibuat, kemudian dapat melihat
peluang pada pasar dan yang terakhir mengetahui ancaman dari pesaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar